Minggu, 06 November 2011

Membentuk Otot Kurang dari 1 Jam

Jika anda seorang yang sibuk dalam pekerjaan atau belajar, akan tersisa sedikit atau mungkin tidak ada waktu untuk berlatih sesuai dengan persyaratan beberapa kali seminggu. Sering kita merasa tidak dapat mewujudkan keinginan memiliki tubuh ideal karena segala kesibukan yang ada. Karena itu kami disini akan memberikan tips-tips untuk mulai membentuk dan menjaga otot anda terbentuk ditubuh.

 Sumber : www.Binaraga.com

Intensitas
Intensitas adalah satu kunci dari latihan yang cepat. Ada 2 cara yang dapat dilakukan sehubungan dengan intensitas ini yaitu:
1.       1. Jumlah Latihan yang dilakukan per satuan Waktu
Maksudnya adalah melakukan latihan sebanyak mungkin dalam waktu kurang dari 1 jam. Yaitu dengan meminimalkan waktu jeda antar set dan antar latihan. Setelah anda menyelesaikan 1 set, segera hitung 15-30 dan kemudian segera mulai set berikutnya.
Seringkali tanpa kita sadari jeda waktu yang kita ambil menjadi terlalu lama. Hal itu yang membuat waktu latihan kita menjadi berkepanjangan, termasuk jika teman sekitar anda mulai mengajak ngobrol.
2.       2. Jumlah Usaha
Maksudnya disini adalah jika biasanya anda melakukan 1 set dengan beban 20 kg, maka mulai tingkatkan hingga 25 kg. Setiap kali anda melakukan latihan terus tingkatkan beban. Jangan takut jumlah repetisi anda menurun.
3. Berlatih Hingga Failure
Maksudnya adalah ketika kita melakukan 1 set, lakukan repetisi terus menerus dan jangan berhenti sampai hitungan tertentu, tetapi teruskan hingga otot anda kelelahan dan tidak dapat melanjutkan satu repetisi lagi. Tujuan dari latihan ini untuk membuat otot anda menyadari bahwa anda ingin lebih dari otot anda sehingga pertumbuhannya dapat terlihat. Satu yang perlu anda ingat saat melakukan latihan failure, minta bantuan dari teman atau trainer untuk menjaga. Bisa juga anda menggunakan alat jenis kabel yang lebih aman, karena jika anda sudah tidak mampu melakukan satu repetisi lagi maka kemungkinan terburuk hanyalah anda melepaskan alat kabel tersebut dan terjadi bunyi keras.
4. Super Set dan Triset
Jika anda melakukan dua tips diatas, maka program latihan yang dapat anda gunakan dan tepat adalah Super set dan Triset. Superset merupakan program latihan yang mengkombinasikan dua jenis otot sekaligus dimana pada set pertama anda melakukan latihan untuk otot dada sebagai contoh, lalu tanpa jeda langsung anda melakukan latihan untuk otot sayap. Tujuannya adalah agar anda dapat melakukan latihan sebanyak mungkin sementara salah satu otot beristirahat.
Triset merupakan latihan yang mirip dengan Superset dimana bukan hanya 2 bagian otot yang sekaligus dilakukan latihan, tetapi 3 bagian otot. Sebagai contoh, anda melakukan latihan dada, punggung dan biceps.
5. Latihan Dirumah
Ini satu tips terakhir yang dapat membantu anda menghemat waktu persiapan dan perjalanan menuju gym, yaitu berlatih dirumah. Anda dapat mempersiapkan alat latihan sederhana seperti dumbbell, barbell ataupun Lean Exercise Band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar